Peluang Jadi CPNS lewat Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024

9 Mei 2024 by EnglishVaganza | 33x dilihat | bagikan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) membuka peluang bagi para calon Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur sekolah kedinasan di tahun 2024. Sebanyak 3.445 formasi telah dialokasikan untuk 8 instansi penyelenggara, yaitu:

  • Politeknik Keuangan Negara STAN (STAN terkenal dengan pendidikan di bidang keuangan dan perpajakan negara. Lulusan STAN dapat berkarir sebagai auditor, analis keuangan, dan posisi strategis lainnya di Kementerian Keuangan https://pknstan.ac.id/)
  • Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) (IPDN menjadi kawah candradimuka bagi calon pejabat pemerintahan daerah. Lulusan IPDN dapat ditempatkan di berbagai instansi pemerintah daerah seperti kantor gubernur, bupati, hingga kelurahan https://ipdn.ac.id/)
  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) (STIN merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mencetak lulusan menjadi agen intelijen negara. Persyaratan untuk masuk STIN umumnya sangat ketat dan membutuhkan pelatihan khusus https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Tinggi_Intelijen_Negara)
  • Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) (PSSN fokus pada pendidikan bidang keamanan siber dan persandian negara. Lulusan PSSN dibutuhkan untuk menjaga keamanan informasi rahasia negara dari serangan siber https://poltekssn.ac.id/)
  • Politeknik Statistika STIS (STIS merupakan sekolah tinggi yang fokus pada bidang statistik. Lulusan STIS bisa berkarir sebagai ahli statistik yang dibutuhkan oleh berbagai instansi pemerintah https://spmb.stis.ac.id/)
  • Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) (POLTEKIP mendidik calon sipir penjara dan petugas pemasyarakatan. Lulusan POLTEKIP memegang peranan penting dalam pengelolaan lembaga pemasyarakatan https://www.poltekip.ac.id/)
  • Politeknik Imigrasi (POLIMIG) (POLIMIG melahirkan lulusan yang menjadi petugas imigrasi. Mereka bertugas menjaga keamanan pintu masuk dan keluar negara Indonesia https://www.polimi.it/)
  • 22 Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan (Sekolah kedinasan Kemenhub menawarkan beragam jurusan seperti transportasi udara, transportasi laut, dan transportasi darat. Lulusan akan menjadi ASN di bawah naungan Kemenhub https://edukasi.sindonews.com/read/1305893/211/7-sekolah-kedinasan-kemenhub-banyak-peminat-modal-daftar-di-2024-1706072510)
  • Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) (STMKG mendidik ahli meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Lulusan STMKG berperan penting dalam prakiraan cuaca, mitigasi bencana alam, dan penelitian geofisika

Pendaftaran sekolah kedinasan 2024 dijadwalkan mulai pada minggu kedua bulan Mei.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi ASN melalui jalur ini, segera persiapkan diri untuk mengikuti seleksi yang akan diadakan.

Selain itu, perlu dicatat beberapa hal penting terkait sekolah kedinasan:

  • Ikatan dinas: Lulusan sekolah kedinasan biasanya memiliki ikatan dinas dengan instansi yang menyelenggarakan pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda-beda tergantung instansi.
  • Beasiswa: Sekolah kedinasan pada umumnya memberikan beasiswa penuh kepada para siswanya. Ini menjadi kesempatan yang baik untuk menempuh pendidikan tinggi tanpa biaya pendidikan.
  • Prospek kerja: Lulusan sekolah kedinasan memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan. Kebanyakan lulusan akan langsung ditempatkan di instansi yang menyelenggarakan pendidikan.

Sumber informasi:


Kata Kunci : CASN 2024 CPNS Sekolah Kedinasan

Lihat lebih banyak artikel

Lowongan Kerja PT Pro Energi
PT Pro Energi, perusahaan penyedia bahan bakar minyak terkemuka di Indonesia, membuka kesempatan bagi Anda untuk bergabung dengan tim mereka di...
Lowongan Kerja PT Lion Metal Works Tbk
PT Lion Metal Works Tbk adalah perusahaan fabrikasi pelat baja yang berbasis di Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur peralatan kantor,...
Lowongan Kerja Deliveree
Deliveree adalah platform truk pintar di Indonesia yang terobsesi untuk mengurangi biaya logistik untuk bisnis dan individu. Deliveree menyediakan...