Jangan Mau Kalah! 5 Negara Tetangga Kita Ternyata Fasih Bahasa Inggris Yuk Jelajahi!

18 Februari 2024 by EnglishVaganza | 108x dilihat | bagikan

Sebagai bagian dari warga global, kemampuan bahasa inggris tentu penting untuk menunjang kehidupan kita. Ternyata, beberapa negara tetangga kita memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris yang patut diacungi jempol. Yuk, jelajahi 5 negara sekitar Indonesia yang bisa jadi destinasi seru untuk berlatih bahasa Inggris sekaligus berwisata!

1. Singapura: Negeri Singa ini menduduki peringkat 4 dunia dalam EF English Proficiency Index 2023, lho! Hal ini tak lepas dari sistem pendidikan bilingual dan masyarakat yang multikultural. Berkunjung ke Singapura bisa menjadi kesempatan emas berlatih bahasa Inggris dengan penduduk lokal yang ramah dan fasih berbahasa Inggris. Tak hanya itu, Singapura juga menawarkan beragam atraksi wisata menarik, mulai dari Gardens by the Bay yang futuristik hingga kuliner lezat dari berbagai budaya.

2. Malaysia: Berdekatan dengan Singapura, Malaysia juga memiliki skor EF EPI yang mengesankan, yaitu peringkat 28 dunia. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi kedua di Malaysia, dan banyak digunakan dalam dunia pendidikan, bisnis, dan pemerintahan. Mencoba jajanan lokal di kedai pinggir jalan hingga berbincang dengan warga lokal di Malaka yang kental dengan sejarah, bisa jadi pengalaman belajar bahasa Inggris yang menyenangkan.

3. Filipina: Dengan skor EF EPI peringkat 18 dunia, Filipina dikenal dengan penduduknya yang fasih berbahasa Inggris. Hal ini dipengaruhi oleh sejarah penjajahan Amerika Serikat dan sistem pendidikan yang berbasis bahasa Inggris. Berkunjung ke Filipina, kamu bisa berlatih bahasa Inggris sambil menikmati keindahan pantai Boracay yang memesona atau berinteraksi dengan masyarakat lokal yang terkenal dengan keramahannya.

4. Brunei Darussalam: Meskipun memiliki bahasa Melayu sebagai bahasa nasional, Brunei Darussalam menempati peringkat 35 dunia dalam EF EPI. Bahasa Inggris banyak digunakan dalam bidang pendidikan, pemerintahan, dan media massa. Tak hanya belajar bahasa Inggris, kamu juga bisa menjelajahi keindahan Masjid Omar Ali Saifuddin yang megah atau bersantai di pantai Muara Tutong yang tenang.

5. Timor Leste: Meski baru merdeka pada tahun 1999, Timor Leste menunjukkan kemajuan pesat dalam penguasaan bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa resmi negara ini, dan banyak digunakan dalam pendidikan dan pemerintahan. Selain berlatih bahasa Inggris, kamu bisa menyaksikan keindahan alam Timor Leste yang masih alami, seperti taman nasional Nino Konis Santana yang memesona.


Kata Kunci : negara tetangga indonesia destinasi wisata menarik di asia tenggara belajar bahasa inggris

Lihat lebih banyak artikel

Ini dia formasi paling diminati pada seleksi CPNS 2021. Adakah incaranmu diantaranya?
Lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi impian sebagian besar masyarakat. Kamu harus melakukan berbagai persiapan supaya lolos...
Lowongan Kerja NarasiTV
Narasi TV, startup yang didirikan oleh Najwa Shihab, membuka kesempatan bagi Anda untuk bergabung dengan tim mereka di berbagai posisi...
Kumpulkan VaganzaPoin dengan mengajak temanmu ikutan TOEFL di EnglishVaganza!
Hai VaganzaFriends! Buat kamu yang sudah merasakan mudahnya TOEFL di EnglishVaganza, kini kamu bisa punya kode referal! Kode referal ini bisa kamu...